Terkabulkan Di Hari Jumat - Samase Clothes

Terkabulkan Di Hari Jumat

2 minggu yang lalu      Berita Islami

Hari Jum’at adalah salah satu hari dalam sepekan yang paling utama (afdhal) dari hari lainya. hari yang penuh barakah. Allah Ta’ala pun mengkhususkan hari Jum’at ini hanya untuk kaum Muslimin dari seluruh kaum dari ummat-ummat terdahulu.

beberapa keutamaan bisa didapatkan dalam hari jumat, terdapat berbagai hadits yang menjelaskan keutamaan dan kemuliaan hari Jum’at. Di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”[Shahih Muslim (II/585) Kitaabul Jumu’ah]

salah satu amalan yang dimana ketika kita melaksanakanya pada hari jumat berbeda dengan biasanya,Orang muslim yang hendak mendekatkan diri kepada Allah Tabaaraka wa Ta’aala mencari tahu waktu-waktu ijabah (pengabulan) do’a untuk kemudian menundukkan diri pada saat itu kepada Rabbnya Azza wa Jalla.

Sesungguhnya hari Jum’at merupakan hari yang paling afdhal di sisi Allah Ta’ala  yang di dalamnya terdapat satu waktu di mana Allah Ta’ala akan mengabulkan do’a.

Di dalam kitab ash-Shahiihain disebutkan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ z قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ J إِنَّ فِي الْجُمُعَةِ لَسَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا مُسْلِمٌ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya sedang dia berdiri berdo’a memohon sesuatu kebaikan kepada Allah, melainkan Dia akan memberikan hal itu kepadanya.’ Dan beliau memberi isyarat dengan tangan beliau untuk menunjukkan sedikitnya waktu itu.” [Shahih: Diriwayatkan oleh al-Bukhari (no. 935) dan Muslim (no. 852)


Pembatasan Waktu Ijabah Pada Hari Jum’at

Dari Jabir bin ‘Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ.

‘Pada hari Jum’at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan menga-bulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar.’[Shahih: Diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 1048), an-Nasa-i di dalam kitab al-Jumu’ah (no. 1389)

BACA JUGA : 

Waktu Membaca al-Kahfi di Hari Jumat

 

MASYAALLAH. Begitu indah semua yang telah di ciptakan Allah Ta'ala termasuk hari jumat, dimana keberkahan dan keuatamaan nya banyak yang bisa kita dapatkan, semoga semakin bertambah ilmu untuk melaksanakan amalan nya, INSYAALLAH bermanfaat.

Barakallahu fiik 

 




Komentar Artikel "Terkabulkan Di Hari Jumat"