APA ITU SHALAT GERHANA ? - Samase Clothes

APA ITU SHALAT GERHANA ?

3 bulan yang lalu      Berita Islami

Bismillah

sobat samase sudah seringkan menyaksikan baik secara langsung ataupun hanya layar kaca atau televisi, ya bahwasanya harus kita ketauhi bersama ada amalan yang bisa kerjakan ketika fenomena gerhana bulan ini terjadi, sebelumnya mungkin kita jelaskan dulu ya sedikit mengenai gerhana bulan.

Gerhana bulan terjadi ketika cahaya matahari yang akan menuju ke bumi dihalangi oleh bumi itu sendiri, sehingga bulan tidak akan bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk memantulkan cahayanya ke bumi. Proses ini juga terjadi apabila bulan, bumi, dan matahari terletak dalam satu garis lurus.

Gerhana bulan lebih sering terjadi apabila dibandingkan dengan gerhana matahari. Gerhana bulan terjadi kira-kira dalam satu atau dua kali dalam setahun. Posisi bumi dalam gerhana bulan terletak antara matahari dan bulan.

APA ITU SHALAT GERHANA ?

Shalat gerhana atau secara islam di sebut shalat kusuf (gerhana bulan) merupakan sunnat mua’kkad. Disunatkan bagi orang muslim untuk mengerjakannya. Hal itu didasarkan pada dalil berikut ini.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, dia bercerita bahwa pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terjadi gerhana matahari, lalu beliau mengerjakan shalat bersama orang-orang. Maka beliau berdiri dan memanjangkan waktu berdiri, lalu beliau ruku dan memanjangkannya. Kemudian beliau berdiri dan memanjangkannya –berdiri yang kedua ini tidak selama berdiri pertama-. Setelah itu, beliau ruku dan memanjangkan ruku, ruku-nya ini lebih pendek dari ruku pertama. Selanjutnya, beliau sujud dan memanjangkannya. Kemudian beliau mengerjakan pada rakaat kedua seperti apa yang beliau kerjakan pada rakaat pertama. Setelah itu, beliau berbalik sedang matahari telah muncul. Lalu beliau memberikan khutbah kepada orang-orang. Beliau memanjatkan pujian dan sanjungan kepada Allah. Dan setelah itu, beliau bersabda.

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ، لاَيَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ، فَإِذَا رَأَيْتُم ذَلِكَ، فَادْعُوا اللَّهَ، وَكَبِّرُوْا، وَصَلُّوْا، وَتَصَدَّقُوْا ثُمَّ قَالَ : يَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ، وَاللَّهِ مَامِن أَحَدٍ أَغْيَرُ مِنْ اللَّهِ أَنْ يَزْنِيَ عَبْدُهُ أَوْ تَزْنِيَ أَمَتُهُ، يَاأُمَّةَ مُحَمَّدٍ لَوْ تَعْلَمُوْنَ مَاأَعْلَمُ، لَضَحِكْتُمْ قَلِيْلاً، وَلَبَكَيْتُمْ كَثِيْرً

“Sesungguhnya matahari dan bulan itu merupakan dua (tanda) dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang dan tidak juga karena kehidupan seseorang. Oleh karena itu, jika kalian melihat hal tersebut maka hendaklah kalian berdo’a kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah”. Setelah itu, beliau bersabda : “Wahai umat Muhammad, demi Allah, tidak ada seorang yang lebih cemburu dari Allah jika hambaNya, laki-laki atau perempuan berzina. Wahai umat Muhammad, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis” [Diriwayatkan oleh Asy-Syaikhani] [1]

Dapat saya katakan, sisi dalil yang dikandung hadits di atas, bahwa perintah mengerjakan shalat itu berbarengan dengan perintah untuk bertakbir, berdo’a, dan bersedekah. Dan tidak ada seorangpun yang mewajibkan bersedekah, bertakbir dan berdo’a pada saat terjadi gerhana. Dengan demikian, menurut kesepakatan ijma’ bahwa perintah tersebut bersifat sunnat. Demikian juga dengan perintah untuk mengerjakan shalat yang berbarengan dengannya. [2] .Wallaahul Muwaffiq.

Baca Juga : KENAPA HARUS MENUNTUT ILMU ?

MASYAALLAH, begitu indah ciptaan Allah subhanahu wata'la semoga menjadi pelajaran bagi kita juga bahwasanya kita sebagai manusia hanya mahluk kecil dan tak sepantasnya kita sombong, semoga bermanfaat ya sob !

barakallahu fiik




Komentar Artikel "APA ITU SHALAT GERHANA ?"